Cara Membersihkan Matras

6 Langkah Cara Membersihkan Matras Yang Benar Agar Bersih

Matras adalah bantalan yang biasanya berbentuk empat persegi panjang. Ukurannya tertentu, biasanya sepanjang tubuh manusia dewasa. Bahan matras bisa terbuat dari busa, atau spon, atau latex, atau bahan pvc, atau kapuk juga bisa. Permukaannya halus dan empuk serta padat.

Cara Membersihkan Matras

Matras berfungsi sebagai tambahan alas tempat tidur agar lebih empuk ataupun sebagai sarana alas olah raga, untuk senam lantai ataupun yoga. Setelah digunakan beberapa kali maka matras tersebut bisa menjadi kotor. Berikut ini cara membersihkan matras.

1. Kenali Jenis Kotoran Matras

Matras bisa kena kotor akibat debu kering yang menumpuk tiap hari. Bisa juga menjadi sarang tungau dan tumpukan serpihan rambut atau bulu halus binatang. Matras juga bisa kena kotoran basah berupa keringat basah yang menempel hingga kotoran basah berupa air, bisa berupa air hujan atau minuman yang tumpah. Hingga remah-remah makanan maupun tumpahan makanan juga bisa mengotori matras.

2. Bersihkan Kotoran Kering

Guna membersihkan kotoran kering seperti debu yang menempel di matras maka bisa angkat lalu bentangkan di luar ruangan yang cukup luas. Kemudian kibas-kibaskan hingga kotoran-kotoran kecil berjatuhan. Bisa gunakan sikat atau spon untuk menggosok permukaannya hingga bersih.

Lalu lanjutkan dengan menggunakan vacuum cleaner guna menyedot debu hingga terangkat seluruhnya. Matras biasanya dibungkus dengan pelapis matras. Pastikan untuk mencopotnya. Lalu bersihkan juga bagian dalamnya, dengan menggunakan vacuum cleaner.

3. Bersihkan Matras dari Kotoran Basah

Jika matras terkena kotoran basah maka sesegera mungkin angkat dan bersihkan kotorannya. Hal ini guna mencegah timbulnya noda pada bekas kotoran basah di matras. Bisa gunakan campuran detergen dengan air hangat untuk campuran menggosok permukaan bekas kotoran basah di matras. Setelah diangkat bersih kotorannya dengan menggunakan lap atau tissue.

Bisa juga gunakan cairan khusus pembersih matras. Dapat lap bekas kotoran basah tersebut dengan kain lap yang telah dibasahi oleh cairan pembersih atau spons atau pergunakan tissue basah. Bisa juga semprotkan cairan pembersihnya pada permukaan matras. Lalu dengan lap kain kering atau kertas tissue hingga kembali kering permukaannya. Lepas penutup lapis matrasnya.

Kemudian bersihkan juga bagian dalamnya. Pergunakan kertas tissue yang baru atau lap kering yang lain untuk membersihkan bagian dalam matrasnya. Sehingga bekas kotoran di bagian luar tidak mengotori bagian dalam matrasnya.

4. Cuci Matras

Perhatikan bahan pembuatan matras nya. Jika memungkinkan untuk dicuci maka bisa lanjutkan dengan mencuci matras. Baik secara cuci manual maupun menggunakan mesin cuci. Perhatikan pula kapasitas mesin cuci. Pastikan mesin cuci yang ada mampu menampung dan bisa digunakan untuk mencuci matras. Tanpa merusak bentuknya.

5. Keringkan Matras

Bentangkan matras untuk proses pengeringan. Bisa diangin-anginkan atau dibantu dengan menggunakan kipas angin. Pastikan matras telah benar-benar kering agar tidak bau dan menjadi sarang bakteri.

6. Pasang Kembali Sarung Matras

Jika ada, pasang kembali pelapis pelindung matrasnya.

Baca juga: 5 Kesalahan pahaman Umum Perawatan Matras

Guna membersihkan matras secara tuntas dan profesional maka kunjungi dehygienique.co.id.

// #Script Js For Integrate to SOCOM Services