Tips Bersihkan Berbagai Noda pada Sofa Kulit

Memiliki sofa berbahan kulit merupakan investasi bagi dekorasi rumah yang tentu saja tidak akan ketinggalan zaman.

Namun, ada kalanya hal buruk terjadi; berbagai noda menempel pada sofa sehingga sofa menjadi kurang sedap dipandang mata.

Apalagi jika noda terlihat jelas di permukaan sofa. Jika sudah begini, mau tidak mau Anda harus membersihkan noda tersebut agar sofa kembali berkilau. Hal ini juga tentu saja dilakukan untuk mencegah kerusakan pada sofa kulit kesayangan Anda.

Bagaimana cara membersihkan sofa kulit? Berikut ini adalah tips untuk membersihkan sofa kulit dari berbagai jenis noda.

1. Tinta: Untuk membersihkan noda tinta baru, Anda bisa ambil kapas yang sudah diberi beri alkohol atau remover cat kuku, lalu usapkan kapas pada bagian sofa yang terkena tinta. Lakukan secara lembut dan perlahan agar tak merusak permukaan kulit. Setelah noda hilang, keringkan dengan kain kering lalu olesi conditioner khusus perabotan kulit.

2. Minyak: Untuk menyingkirkan noda minyak, letakkan kain kering pada noda, lalu tekan perlahan untuk menyerap minyak sebanyak mungkin. Lalu, taburkan bedak di atasnya dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, bersihkan bedak dengan kain basah.

3. Kopi atau teh: Jika noda masih baru, bersihkan dengan kain yang dicelupkan ke air sabun. Jika noda sudah kering, bersihkan noda dengan kain yang dicelupkan pada campuran air dan cuka.

4. Permen karet: Gunakan minyak zaitun untuk membuat permen karet tidak menempel pada permukaan sofa. Jika semua sudah terangkat, gunakan kain basah untuk membersihkan sisa-sisa minyak zaitun.

5. Cat: Membersihkan noda cat pada sofa kulit sedikit biresiko karena tak selalu berhasil bahkan bisa merusak penampilan sofa kulit. Anda bisa mencoba membersihkannya dengan kain yang dicelupkan dalam air sabun jika cat yang menempel adalah cat air. Namun, jika sofa terkena cat minyak, Anda bisa menggunakan kapas yang diberi alkohol. Jika Anda tidak yakin atau takut sofa Anda rusak, segera gunakan jasa cuci sofa kulit profesional.

6. Urin: Baik urin anak-anak maupun hewan peliharaan tidak membahayakan sofa kulit, namun jika tak segera dibersihkan, tentu akan menimbulkan bau yang mengganggu. Cara membersihkannya mudah saja, yakni dengan menyerap urin sebanyak mungkin menggunakan kain kering. Jika bagian sofa yang terkena urin bisa dilepas, cuci secara terpisah. Lap dengan kain kering hingga benar-benar kering.

7. Kerak air: Untuk menghilang noda kerak air, ambil semangkuk air dan spons. Basahi spons dan usapkan pada seluruh bagian sofa dan biarkan hingga kering.

Jika Anda merasa ragu untuk membersihkan noda pada sofa kulit, Anda bisa menggunakan jasa cuci sofa kulit dari perusahaan pembersih profesional. Pastikan perusahaan tersebut memiliki solusi terbaik untuk menyingkirkan noda pada sofa kulit Anda agar hasilnya memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *