Cara Mencuci Karpet Di Rumah

Cara Mencuci Karpet Dengan Bersih Di Rumah Serasa Di Laundry

Jasa cuci karpet adalah solusi terdepan untuk mengatasi noda membandel di karpet anda. Jasa laundry karpet memiliki tarif yang lumayan apabila anda melakukannya secara rutin. Jangan khawatir, karena ada cara mencuci karpet di rumah yang kualitasnya tidak kalah dengan hasil laundry. Caranya ada di bawah ini.

Cara Mencuci Karpet Di Rumah

Sebelum anda mencuci karpet, pastikan bahwa cuaca sedang dalam keadaan cerah. Jika cuacanya sedang mendung, maka urungkan niat terlebih dahulu. Karena karpet yang dijemur di cuaca mendung cenderung menjadi lembab dan apek.

Berikut ini tips dan cara mencuci karpet sendiri di rumah agar hasilnya bisa bersih dan tidak bau seperti hasil laundry-an.

1. Membersihkan karpet terlebih dahulu

Banyak orang yang salah langkah ketika mencuci karpet. Mereka langsung mencucinya tanpa membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Hasilnya karpet tidak akan bersih secara total.

Gunakan penyedot debu untuk membersihkan karpet terlebih dahulu. Atau anda juga bisa memakai sapu lidi dan ditepuk-tepuk ke karpet yang akan dicuci.

2. Dicuci dengan digantung

Menggantung karpet adalah cara mencuci yang paling efisien dan cepat. Karena jika karpet dicuci di lantai, anda akan kesusahan saat menjemurnya. Karpet yang basah tentu terasa lebih berat dari sebelumnya.

Gunakan jemuran panjang untuk menggantung karpet. Jika, tidak memiliki jemuran yang panjang, anda bisa memanfaatkan pagar rumah anda.

3. Semprotan air bertekanan tinggi

Setelah digantung, semprot karpet menggunakan semprotan air. Semprotan air yang direkomendasikan adalah semprotan bertekanan tinggi. Sehingga daya semprot yang dihasilkan kuat.

Semprotan air ini berguna untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang terselip di sela-sela karpet. Jadi, pastikan anda menyemprot karpet secara menyeluruh, ya!

Baca juga: Cara Mencuci Karpet Bulu

4. Memakai cairan pembersih karpet

Setelah disemprot dengan air, langkah selanjutnya adalah memberikan cairan pembersih karpet. Cairan ini khusus dibuat untuk karpet. Anda bisa mendapatkan cairan ini dengan mudah di toko online.

Cairan pembersih karpet ini mengandung bahan khusus yang tidak merusak serat dari karpet. Selain itu, karpet juga menjadi lebih bersih apabila diberi cairan pembersih. Jangan gunakan detergen biasa karena bisa merusak serat-serat dari karpet.

5. Menyikat karpet

Cara mencuci karpet selanjutnya adalah dengan menyikat secara halus. Jenis sikat yang direkomendasikan untuk karpet adalah sikat berbahan plastik. Sikat plastik memiliki permukaan yang lebih halus dibandingkan sikat ijuk.

Anda hanya perlu menggosok karpet secara halus agar tidak merusak karpet kesayangan anda.

6. Membilas karpet

Setelah disikat, karpet dibilas dengan penyemprot air. Anda bisa mulai menyemprot dari tengah lalu ke pinggir. Pembilasan dilakukan selama dua kali. Tujuannya untuk memastikan kalau cairan pembersih dan kotoran sudah menghilang.

7. Menjemur karpet di tempat teduh

Langkah terakhir dalam mencuci karpet adalah menjemur. Karpet sebaiknya dijemur di tempat teduh. Patut diketahui jika sinar matahari yang terik berpotensi merusak serat-serat karpet.

Sebaiknya anda menjemurnya di tempat yang teduh dan berangin. Misalnya di teras rumah anda.

Karpet memerlukan perhatian khusus ketika dicuci agar karpet anda tetap cantik dan awet. Proses pencucian yang benar tidak akan merusak karpet anda. Dengan mengetahui tips mencuci karpet di atas, anda bisa menghemat uang anda yang dialokasikan untuk jasa laundry.

Baca juga: Ciri Karpet Yang Harus Dicuci

Demikian sudah pembahasan cara mencuci karpet rumahan. Cara tersebut bisa anda terapkan di rumah. Semoga informasi di atas bisa menjawab keresahan anda ketika mencuci karpet.

// #Script Js For Integrate to SOCOM Services