Tahukah Anda jika keseluruhan suasana kantor dapat memengaruhi mood dan produktivitas para karyawan? Selain perlengkapan dan peralatan kantor yang memadai dan nyaman untuk karyawan, ternyata, aroma yang ada di kantor juga bisa menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi konsentrasi dan fokus karyawan. Aroma tak sedap biasanya ditimbulkan oleh bakteri yang berkembang biak. Perkembang biakan bakteri salah satunya dipicu oleh kurangnya kebersihan atau proses pembersihan kantor yang tak menyeluruh. Berbagai macam aroma yang ada di kantor bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi karyawan yang biasanya menghabiskan waktu berjam-jam di dalam ruangan. Masalah kesehatan tersebut di antaranya adalah:
- sakit kepala / pusing
- mual
- demam
- penurunan daya tahan tubuh
- insomnia
- kehilangan selera makan
- depresi
- cemas berlebihan
- kebas pada tangan dan kaki
- masalah pada pernapasan
- iritasi kulit
- alergi
- susah konsentrasi, dan masih banyak lainnya
Sebagai pemilik usaha maupun person in charge di kantor, Anda dapat melakukan beberapa upaya preventif untuk mencegah bau tak sedap timbul di ruangan kantor Anda. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan bau di ruangan kantor.
1. Buat Peraturan Tegas
Untuk meminimalisir aroma tak sedap di ruang kantor, buatlah peraturan ketat bagi para karyawan, seperti larangan merokok, larangan makan di meja kerja, serta larangan membawa makanan atau minuman yang berbau menyengat ke dalam ruangan kantor. Sebagai pendukung aturan tersebut, sediakan area khusus untuk area makan karyawan, outdoor space untuk merokok, keset kaki di setiap pintu, sabun pencuci tangan di pantry maupun toilet dan lain sebagainya.
2. Pasang Pengharum Ruangan
Untuk menciptakan udara yang segar di dalam ruangan kantor, Anda bisa memasang pengharum ruangan otomatis di setiap ruangan atau dekat dengan AC / kipas angin. Pilih produk yang bisa menetralisir bau dan biarkan beroperasi 24 jam.
3. Cuci Karpet
Karpet merupakan salah satu furnitur kantor yang mudah menyimpan kotoran dan debu. Karpet juga sangat berisiko menjadi tempat terfavorit bakteri untuk berkembang biak. Foot traffic yang tinggi di kantor juga menyebabkan karpet cepat kotor, sehingga Anda sangat disarankan untuk cuci karpet kantor secara profesional paling tidak setahun sekali. Perawatan karpet kantor bisa dilakukan dengan memvakumnya tiap hari. Namun, dengan mencuci karpet secara profesional, karpet akan bersih menyeluruh dan umur pakainya pun jadi lebih panjang.
Ruangan kantor yang bersih dan fresh tentu akan membuat mood karyawan tetap baik dan bisa lebih fokus dalam bekerja. Mari lebih peka terhadap suasana ruang kerja Anda!