Dampak yang ditimbulkan tidur di kasur yang sudah tua

Berbagai alasan mulai dari tidak mampu beli kasur baru sampai merasa sayang bila kasur yang mereka gunakan di buang begitu saja meski umur kasur sudah tua. Tapi tahukah anda, tanpa disadari penggunaan kasur yang sudah tua dapat menimbulkan penyakit dan mempengaruhi kualitas tidur anda.
Apa saja efek yang ditimbulkan penggunaan kasur yang sudah, baik untuk kesehatan maupun terhadap kualitas tidur anda.
  1. Menimbulkan alergi pada kulit
Bill fish merupakan seorang pelatih tidur bersertifikat, ia mengatakan pada kasur yang sudah tua kemungkinan terdapat tungau atau debu, hal ini dapat memicu alergi pada kulit anda.

Ia juga menjelaskan waktu tidur yang cukup dan baik untuk kesehatan antara 7 sampai 9 jam di malam hari. Disaat tidur tubuh mengeluarkan kulit mati dan minyak alami, hal ini dapat memicu tungau muncul.

Menurut Bill tungau debu dapat hidup pada berbagai jenis kasur. Semakin tua usia kasur kemungkinan tungau yang hidup pada kasur tersebut semakin banyak juga. Tentu hal ini dapat menyebabkan alergi dan dapat memperparah asma bagi pendertia penyakit asma.

  1. Memperparah penyakit asma
Bila anda merupakan alergi terhadap debu atau asma, ini dapat menyumbat hidung dan menimbulkan padaluran pernapasan. Biasanya asma mengganggu ritme sirkadian tubuh terjadi pada sore dan malam hari. Meski tidur dikasur yang sudah tua tidak langsung menimbulkan penyakit asma, akan tetapi kasur yang sudah tua dapat memperparah penyakit asma.

  1. Jamur tumbuh dikasur
Tahukah anda penyebab semakin tua usia kasur, bobotnya pun bertambah. Salah satu penyebabnya adalah penumpukan debu, keringat maupun sel kulit mati adalah pemicunya. Keringat yang menempel pada kasur menyebabkan timbulnya jamur dan menyebabkan alergi. Selain itu jamur yang ada pada kasur dapat menyebabkan alergi dan sulit untuk di identifikasi.

  1. Dapat memperburuk daya ingat anda
(halosehat.com) dr. Siegel, merupakan seorang THT dan pakar kesehatan tidur di harvard, menurutnya salah satu manfaat yang cukup tidur adalah mempertajam daya ingat seseorang. Bila merasa tempat sudah tidak nyaman dengan tempat tidur yang anda gunakan sekarang ini, ada baiknya mengganti dengan kasur baru.

  1. Dapat menimbulkan stres
Penyebab timbulnya stres dapat bermacam-macam mulai dari pekerjaan hingga permasalahan tidur. Berdasarkan riset kualitas berpengaruh pada stres. Untuk itu pertimbangkan mengganti kasur tua anda dengan kasur yang baru untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

  1. Menyebabkan sakit pada leher dan punggung
Tidur di kasur yang sudah tua dapat menyebabkan ligamen, tendon dan sendi belakang (Gold man, seorang ahli perawatan gangguan pada sistem otot dan tulang belakang). Menurutnya semakin tua usia kasur yang digunakan, kasur pun semakin rapuh dan tidak baik untuk tulang belakang.

  1. Berdampak pada kesehatan lain
Berbagai efek yang ditimbulkan kurang tidur dimalam hari diantaranya menyebabkan kantuk di siang hari, tidak fokus, memicu penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes, dan masih banyak lagi.

Smileys

:confused: :cool: :cry: :laugh: :lol: :normal: :blush: :rolleyes: :sad: :shocked: :sick: :sleeping: :smile: :surprised: :tongue: :unsure: :whistle: :wink: 

  1000 Characters left

Antispam Refresh image Case insensitive