Tips Mudah Menciptakan Kualitas Tidur Malam yang Baik Bagi Orang Dewasa

Setelah melakukan segudang aktivitas seharian, setiap orang tentu membutuhkan waktu istirahat yang cukup demi menunjang kebugaran tubuh dan pikirannya untuk esok hari. Apa yang terjadi bila sudah disibukkan dengan berbagai rutinitas, namun nyatanya masih tidak bisa menikmati waktu tidur di malam hari karena banyak hal? Tentu akan sangat menjengkelkan bukan?
 
Namun, itulah faktanya. Dewasa ini, tak sedikit orang yang masih belum bisa sepenuhnya menikmati waktu istirahat mereka di rumah. Padahal, tidur merupakan salah satu aktivitas penting dan harus dijaga setiap harinya. Bagi Anda yang merasa kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari, berikut ini beberapa hal yang bisa ANda lakukan untuk mengatasinya.
 
 
1. Jangan Makan Terlalu Malam
 
Disarankan untuk makan antara pukul 19.00 - 20.00, bila lewat dari jam tersebut umumnya rasa kenyang yang muncul dapat membuat seseorang sulit tidur karea butuh butuh waktu untuk memproses makanan yang masuk dalam sistem pencernaan. Makan terlalu malam juga dapat membuat seseorang semakin gendut. Beri jeda waktu yang cukup antara makan malam dan jam tidur, sehingga direntang waktu tersebut bisa diisi oleh aktivitas yang bisa membantu mempercepat proses pencernaan.
 
2. Dilarang Bermain Handphone/Laptop
 
Bila memang tidak ada pekerjaan khusus yang harus Anda lakukan, sebaiknya jangan menggunakan hp ataupun menatap layar mata Anda di depan laptop saat ingin tidur. Walaupun terkesan sepele karena hanya menyita waktu 30 menit hingga 1 jam, namun efek yang dirasakan dapat membuat Anda tidak tidur nyeyak karena pada dasarnya otak tetap bekerja walaupun Anda sedang tertidur.
 
Hal inilah yang membuat kenapa bermain game ataupu mengerjakan pekerjaan lain di rumah sebelum tidur adalah hal yang dilarang. Bila tetap dilakukan, ada kemungkinan saat besok paginya Anda akan merasa seperti orang yang kurang tidur karena hal tersebut.
 
3. Bersihkan Ruangan Kamar Tidur
 
Kamar tidur yang berantakan atau bahkan kotor karena tidak selalu dibersihkan juga bisa mengganggu kualitas waktu tidur di malam hari. Umumnya, sirkulasi udara di ruangan akan terasa pengap, banyak nyamuk, hingga menumpuknya kotoran dan debu di dinding serta springbed.
 
Bila hal tersebut yang Anda rasakan, maka segera bersihkan kamar tidur Anda dan cuci springbed Anda di saat waktu libur agar tidur bisa kembali nyeyak dan tidak terganggu.

Smileys

:confused: :cool: :cry: :laugh: :lol: :normal: :blush: :rolleyes: :sad: :shocked: :sick: :sleeping: :smile: :surprised: :tongue: :unsure: :whistle: :wink: 

  1000 Characters left

Antispam Refresh image Case insensitive