Waktunya Membersihkan Sofa Secara Maksimal

Sofa merupakan sebuah ornamen penghias ruang tengah yang umum di temukan di manapun, mulai dari hunian, perkantoran hingga ke fasilitas umum seperti bandara. Dengan meletakan sofa, sebuah tempat terasa lebih santai dan nyaman untuk digunakan sekedar beristirahat sebelum beralih ke kamar atau tempat lain.

Sofa biasanya di buat dengan bahan seperti busa, bahan yang cukup nyaman yang lazim digunakan sebagai lapisan dengan penambahan bahan untuk pembungkus. Bahan lapisan sofa biasanya seperti kain dengan berbagai motif dan kehalusan. Tak jarang juga sofa di lapisi dengan bahan kulit asli atau kulit sintetis.

Bahan-bahan lapisan yang berbeda-beda ini membuat sofa memiliki berbagai macam cara tersendiri untuk membersihkannya. Tidak bisa di samakan antara satu bahan dengan bahan yang lain, karena ada beberapa bahan yang memberikan efek berbeda jika di bersihkan tanpa memperhatikan bahannya. Oleh karena itu, untuk membersihkan sofa secara maksimal, berikut beberapa hal yang bisa anda ikuti sebagai panduan.

Kenali Bahan Sofa Anda

Walau sama-sama berbahan kain, namun kain yang melapisi sofa bukan merupakan kain yang sama antara satu dengan yang lainnya. Hal ini didasari dari benang yang menyusun menjadikan bahan sofa anda. Benang yang digunakan untuk menyusun sofa kadang memiliki campuran antara katun dan serat nylon yang kadarnya berbeda-beda.

Alangkah baiknya saat membeli sofa untuk menanyakan, bahan apa yang digunakan untuk menjadi lapisan luar sebuah sofa. Dengan mengetahui bahan tersebut, kita bisa dengan mudah membersihkannya.

Gunakan Sabun Yang Tidak Meninggalkan Residu

Saat sudah mengetahui bahan lapisan sofa anda, langkah selanjutnya adalah menentukan sabun yang tepat untuk di jadikan pembersih. Jangan gunakan sabun yang meninggalkan residu, karena ini akan menambah pekerjaan kita saat membersihkan sofa. Gunakan sabun yang mudah larut dan bersih saat di siram dengan air.

Beberapa sabun jenis ini bisa anda temukan dengan melihat kadar Sodium di balik kemasannya. Semakin sedikit sodium, maka semakin sedikit residu yang tertinggal di serat bahan sofa.

Keringkan Dengan Panas Yang Sesuai

Ada kalanya proses pengeringan tidak bisa dilakukan hanya dengan menjemur di bawah sinar matahari. Pengeringan sofa bisa dibantu dengan alat pengering seperti steam cleaner atau hair dryer. Namun perhatikan jika anda hendak mengeringkan dengan bantuan hair dryer, gunakan panas yang tidak terlalu tinggi agar tidak merusak serat atau permukaan bahan sofa.

Untuk membantu proses pengeringan, kita juga bisa menggunakan bahan handuk untuk menyerap sisa basahan yang tersisa. Dengan demikian proses pengeringan tidak akan memakan waktu lama, walau perlu usaha extra dan bahan tambahan handuk.
 

Tambahkan Pelembab Untuk Sofa Berbahan Kulit

Jika sofa anda menggunakan bahan lapisan kulit, tambahkan semir atau pelembab untuk menjaga permukaan tetap elastis dan tidak berjamur atau tersisa titik air. Dengan penambahan pelembut atau semir, bisa membantu menjaga umur sofa anda bertahan lama.

Terkesan panjang? Jika tidak mau repot, serahkan saja urusan membersihkan sofa kepada Jasa Cuci Sofa Jakarta yang sudah memiliki pengalaman dalam menjaga kebersihan sofa di rumah anda.

 

Smileys

:confused: :cool: :cry: :laugh: :lol: :normal: :blush: :rolleyes: :sad: :shocked: :sick: :sleeping: :smile: :surprised: :tongue: :unsure: :whistle: :wink: 

  1000 Characters left

Antispam Refresh image Case insensitive