Cara Mudah Bersihkan Karpet Bulu

Karpet bulu memang memberikan kesan elegan nan modern jika ditempatkan pada iteriorn ruangan yang pas. Akan tetapi karpet bulu membutuhkan perawatan ekstra untuk membersihkannya. Apalagi jika menggunakan bahan sensitif.

Untuk membersihkan karpet dibutuhkan waktu yang cukup lama. Jika tidak ingin keluar biaya untuk menggunakan jasa cuci karpet profesional, Anda dapat membersihkannya sendiri dirumah.

Berikut beberapa tips ampuh membersihkan karpet bulu sendiri :

  1. Dikibas atau Bersihkan dengan Sikat Lembut
    Untuk perawatan harian. Anda bisa mengibaskan karpet bulu di luar rumah untuk menghilangkan debu yang menempel. Atau anda juga bisa menggunakan sikat lembut untuk membasuh karpet bulu sehingga seluruh kotorannya berjatuhan.

  2. Jemur Karpet
    Menjemurlah karpet bulu anda satu kali dalam seminggu untuk menghilangkan bakteri dan kuman. Karena menjemur karpet dapat mencegah karpet menjadi lembap serta dapat menghilangkan aroma tak sedap pada karpet.

  3. Vacuum Cleaner
    vacuum cleaner dapat di gunakan sebagai alternatif untuk membersihkan karpet bulu. Namun dengan cara lapisi karpet dengan kain tipis atau kain yang memiliki serat yang renggang, lalu letakan kain di atas karpet bulu. Baru vacuum karpet agar debu terangkat melalui celah-celah kain tanpa merusak bulu-bulu pada karpet.

  4. Cuka dan baking soda
    Untuk menghilangkan noda yang menempel pada karpet bulu, Anda dapat menggunakan cuka yang dicampur dengan baking soda dan air  lalu bersihkan secara perlahan.

    Namun lakukan dengan hati-hati, karpet bulu itu cenderung sensitif, dan jika jenis detergennya cukup keras risikonya akan merontokkan bulu pada karpet tersebut. Maka lebih aman jika mencucinya menggunakan detergen untuk pakaian bayi.Atau jika Anda tak punya tenaga dan waktu untuk mencucinya, serahkan pada jasa pencucian karpet.

  5. Bedak Bayi dan Baking Soda
    Jika karpet anda tercium aroma tak sedap, cara ampuh adalah dengan taburi karpet dengan bedak bayi atau baking soda.

    Biarkan selama 12 jam agar aromanya terserap oleh bedak atau baking soda ini. Setelah itu bersihkan sisa bedak dengan sikat lembut atau dapat menggunakan vacuum cleaner.

Bersihkan Karpet Bulu Anda Secara Rutin !!

Minimal satu minggu sekali, terutama jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah. Anda harus rajin menjaga kebersihan karpet. Selain itu, jika karpet segera dibersihkan dari noda. Maka noda akan lebih mudah dibersihkan dibanding noda yang telah mengendap lama.

Anda juga bisa menggunakan jasa pembersih profesional untuk membersihkannya secara tuntas setiap enam bulan sekali.

Debu yang bersarang di rumah bisa ditimbulkan oleh faktor lingkungan. Apalagi jika rumah yang letaknya di pinggir jalan akan lebih banyak terkena debu ketimbang perumahan cluster, yang unitnya biasanya letak lebih jauh dari pinggir jalan.

 

Smileys

:confused: :cool: :cry: :laugh: :lol: :normal: :blush: :rolleyes: :sad: :shocked: :sick: :sleeping: :smile: :surprised: :tongue: :unsure: :whistle: :wink: 

  1000 Characters left

Antispam Refresh image Case insensitive